Selasa, 18 Desember 2012

komunikasi waktu


KOMUNIKASI WAKTU
Komunikasi waktu adalah proses keseimbangan interaksi komulatif untuk menyamakan persepsi dan kesepahaman tentang manfaat waktu  kepada orang lain, agar orang lain tersebut termotivasi untuk mengakui dan dapat memanfaatkannya.
Waktu merupakan sumber daya yang sangat berharga dalam kehidupan, namun disadari atau tidak, kita sering kali menyia-nyiakan waktu. Waktu yang dimiliki oleh setiap orang adalah sama yaitu 86.400 detik/hari, atau 1440 menit/hari, atau 24 jam/hari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun.
            Meskipun setiap orang memiliki waktu yang sama, namun cara memanfaatkannya berbeda-beda. Sehingga ada orang yang merasa punya banyak waktu lebih, dan ada orang yang merasa banyak kurang waktu.
            Menurut Aleck R Mackinsey  dalam bukunya Time Management menjelaskan bahwa manusia tidak bisa mengendalikan waktu, yang bisa dilakukan oleh manusia adalah  mengelola diri sendiri dalam memanfaatkan waktu.
Orang pada umumnya berpikir bagaimana menghabiskan waktu, tetapi orang bijak berpikir bagaimana memanfaatkan waktu (Shobenhower). Kunci sukses dalam berkomunikasi dengan waktu adalah kemampuan dalam menentukan prioritas pekerjaan.
            Untuk keberhasilan berkomunkasi dengan waktu, seorang komunikator hendaknya mendorong  komunikan mampu membuat prioritas dan menghindari pemborosan waktu. Misalnya : menunda, interupsi, menggunakan kata-kata yang tidak jelas, menggunakan kata-kata yang tidak perlu, sering mengulang kata  dan lain sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar